Review and Spoiler 13 Reasons Why (Bahasa Indonesia)


Sebenarnya udah lama nonton tv serial Netflix ini. Pas lagi booming-nya, langsung nonton.

13 Reasons Why adalah tv serial remaja Netflix dengan produsernya adalah Selena Gomez, yang diangkat dari novel Jay Asher dengan judul yang sama.

(Penampakan cover novel)

13 Reasons Why mengusut mengenai alasan-alasan dibalik kematian seorang remaja di mana alasannya adalah orang-orang.

Dari judul, sudah dapat diketahui jika ada 13 alasan Hannah Baker mengakhiri hidupnya dengan cara memotong urat nadinya di kamar mandi rumahnya. Nonton serial ini jadi ingat film korea yang anaknya bunuh diri karena dilecehkan oleh teman-teman SMAnya. Kalau enggak salah sih judulnya Don't Cry Mommy.

Oke. Jadi, pemeran utama di sini ada dua orang dengan situasi yang berbeda. Maksudnya tuh kayak ada saatnya nunjukin the present dan ada saatnya nunjukin the past. The present ditunjukkan oleh Clay Jensen dan the past ditunjukkan oleh Hannah Baker. Dengan warna penyajian yang dapat dilihat berbeda!

(Clay Jensen (played by Dylan Minnete) and Hannah Baker (played by Katherine Langford))

Jadi, Clay Jensen ini adalah remaja yang menurut aku sih kikuk, pendiam tapi bisa jadi outgoing juga, agak nerd tapi enggak nerd banget dan kelihatannya anti sosial padahal enggak juga. Di sekolahnya lagi ada kasus kematian Hannah Baker. Clay ini lumayan kaget dan terpukul dengan kematian Hannah karena : 1) Dia pernah kerja bareng Hannah di bioskop Cresmont. 2) Dia punya perasaan dengan Hannah. 3) Dia cinta Hannah.

Pulang sekolah, Clay mendapati sebuah kotak sepatu berbalut kertas kado di depan rumahnya yang tertuju untuknya. Pas dibuka, ada beberapa tape kaset dengan nomor-nomor warna biru di sisi-sisi tape. Clay langsung coba dengerin tape nomor 1 dan dia kaget mendengar suara Hannah.

Dia kaget. Ya iyalah. Orang yang udah mati kenapa suaranya muncul di tape. Lagian siapa yang ngirim tape itu?

Bermula dari Tony, teman sekolahnya yang dekat dengan dia. Jadi si Clay modus main ke rumah Tony pas Tony lagi perbaiki mobil dengan ayahnya. Clay mencuri alat pendengar tape yang bisa dibawa ke mana-mana (aku enggak tahu namanya haha).


Dalam tape, Hannah mengatakan jika nama-nama yang disebutkan dalam record tape-nya adalah alasan mengapa dia mati.

1. Di tape nomor 1 side A, ada Justin Foley.
Justin, cowok populer yang tergabung dalam basket dan ganteng. Justin ini adalah Hannah's first kiss. Awalnya mereka ketemu di pesta perpisahan Kat. Terus berlanjut dengan Justin yang mengejar Hannah dan meminta nomor hapenya. Lalu berlanjut lagi saat mereka hang out bareng di taman bermain. Si Justin iseng fotoin Hannah pas Hannah turun dari perosotan.

Sebenarnya Justin ini enggak ada tampang jahat. Karena lingkungan pergaulan, teman-temannya pada semacam evil, jadinya dia semacam bastard. Justin nunjukin foto itu ke teman-temannya dan bilang kalau dia dan Hannah udah melakukan hubungan intim. Nah, dari situ mulai beredar rumor yang enggak enak mengenai Hannah. Hannah yang masih jadi anak baru itu langsung dijauhin anak-anak lain dan kadang diejek.

2. Tape 1 side B, Alex Standall.
Karena Hannah masih anak baru, guru konselingnya (lupa namanya hahaha) langsung memperkenalkam Hannah dengan Jessica Davis yang juga anak baru. Mereka pertama enggak saling suka, tapi waktu pulang sekolah mereka jalan bareng (enggak sengaja) ke Monet Cafe. Persahabatan mereka dimulai dari situ. Kemudian mereka bertemu Alex Standall, anak baru juga. Mereka bertiga berteman. Selalu ngumpul di Monet Cafe yang jadi markas mereka. Yang selalu mereka omongin kalau lagi curhat "FML" atau Fck My Life. Namun Alex jadi orang pertama yang enggak ngumpul bareng karena dia udah bertemu teman-teman laki-laki. Lalu Jessica jadi orang kedua yang enggak pernah lagi ke Monet Cafe. Akhirnya Hannah mengetahui jika keduanya berpacaran. Hannah sedih namun dia coba sembunyikan. Tiba-tiba terdengar kabar jika Alex dan Jessica putus. Jessica mendatangi Hannah dan memarahinya karena mengira jika Hannah menjadi orang ketiga. Itu karena Alex yang menuliskan tge list berisi the worst dan the best. Di mana Jessica masuk ke the worst ass dan Hannah masuk ke the best ass. Di situ Hannah jadi kehilangan sahabatnya.

3. Tape kedua sisi A, Jessica Davis.
Aku lupa ceritanya apa di sini. Yang jelas, masih berlanjut dari the Alex's list. Enggak lama kemudian, Jessica dan Justin pacaran. Jessica juga gabung ke cheerleader sekolah.

4. Tape kedua sisi B, Tyler Down.
Tyler ini semacam cowok fotografer sekolahan. Dia selalu bawa kamera dan selalu take the picture. Dia juga dipercayakan bisa mengambil foto untuk buku tahunan sekolah. Usut punya usut, ternyata Tyler suka sama Hannah. Dia diam-diam selalu ambil foto Hannah. Termasuk di luar rumah Hannah. Hannah menyadari ada yang menguntitnya karena dia dengar suara jepretan kamera. Tapi dia belum tahu siapa. Apa yang dilakukan Tyler ini masih berlanjut di tape selanjutnya.

5. Tape ketiga sisi A, Courtney Crimsen.
Cewek Asia manis yang baik hati ini ternyata jahat. Dia pernah berteman baik dengan Hannah dan mendengar curhatan Hannah mengenai penguntit misterius. Jadi, mereka berdua punya rencana. Di rumah Hannah, mereka kayak udah pasang rencana. Mereka minum wine dan main truth or dare. Saling kasih tantangan sampai-sampai mengarah ke lain hal kayak nyuruh Hannah buka baju. Tiba-tiba si Courtney nyium Hannah. Dan ada jepretan kamera. Hannah langsung nyenterin ke jendela dan nemuin jika penguntit itu adalah Tyler. Sejak itu, Courtnry menjauh dari Hannah. Dia enggak mau foto itu tersebar. Jadi, Hannah datangin Tyler dan minta Tyler buat hapus foto itu. Tyler yang udah suka lama sama Hannah, ngajak kencan. Hannah masih kesal dan marah jadinya nolak. Tyler kecewa dan menyebar foto itu. Satu sekolah heboh. Pasalnya, mereka enggak nyadar siapa dua cewek yang ada di foto. Sampai-sampai ada yang sadar dan Courtney yang ketakutan jika satu sekolah tahu jika sebenarnya dia lesbian (karena mungkin pengaruh dia dibesarkan oleh orang tua homoseksual), jadi dia membuat rumor lain. Mengatakan jika benar di dalam foto itu adalah Hannah namun bersama cewek lain. Dan juga mengatakan Hannah itu sejenis lesbian. Rumor mengenai Hannah makin membuat Hannah terpojok.

6. Tape ketiga sisi B, Marcus Cooley.
Marcus ini adalah calon ketua Student Council. Sebenarnya, dilihat-lihat Marcus ini cowok baik-baik. Tapi dia sama kayak Justin. Makanya dia jadi semacam asshole. Jadi di sekolah mereka ada semacam acara Valentine. Jadi, acaranya bakal memberikan pasangan yang cocok sesuai dengan apa yang diisi di formula yang diberikan. Pasangan Valentine yang Hannah dapatkan di nomor 1 adalah Bryce Walker, cowok populer yang kaya yang terkenal playboy gitu. Ternyata Hannah menjadi pasangan valentine nomor 1 Marcus. Marcus hubungin Hannah dan ngajak kencan. Karena Hannah masih percaya kesempatan kedua, jadi dia iyain aja. Mereka janjian di Rosie's Dinner. Lama Hannah nunggu tapi Marcus enggak nongol. Akhirnya dia nongol tapi sama 'rombongan'nya. Hannah curiga tapi enggak jadi karena Marcus mulai bicara. Tiba-tiba Marcus yang tadinya duduk di depan Hannah, pindah ke samping Hannah dan mulai melecehkan Hannah dengan meraba tubuh Hannah. Hannah marah dan Marcus memakinya. Teman-teman Marcus ketawa dan ngajak Marcus pergi. Ternyata Marcus ngajak Hannah kencan buat buktiin kalau Hannah itu cewek murahan dan gampangan. Hannah masih shock dan nangis di sana. Sampai akhirnya dari rombongan Marcus tadi ada seseorang yang balik lagi ke cafe dan duduk di depan Hannah. Namanya Zach Dempsey.

7. Tape keempat sisi A, Zach Dempsey.
Zach adalah cowok Asia yang cute abis. Dia termasuk ke dalam atlet basket. Zach ini sebenarnya cowok baik-baik. Enggak kayak Justin dan Marcus yang baik-baik tapi terkena pengaruh pergaulan, Zach masih tahu batasan. Dia balik lagi ke cafe dan cuma duduk diam aja. Tapi dia juga minta maaf atas perlakuan Marcus yang juga tak diaduga. Zach ini sweet banget tapi dia kurang tegas. Dia ternyata suka juga sama Hannah dan menyampaikan perasaannya. Karena Hannah udah mulai enggak percaya dengan lelaki apalagi rombongannya si Zach ini dan takut jadi bahan permainan lagi, dia nolak mentah-mentah. Zach yang kesal jadinya membalas Hannah dengan selalu mengambil kertas pujian di kantung Hannah. Hannah yang akhirnya tahu, lalu menuliskan surat untuk Zach. Tapi Zach enggak menggubris surat itu dan malah membuang suratnya. Bahkan di sebuah kelas di mana mereka berdua sekelas, ada tugas untuk menuliskan apa saja dengan tanpa nama. Hannah menuliskan penyesalannya (kayaknya) dan curhatan ke tugas itu. Saat dibacakan, Hannah mulai harap-harap dan lirik Zach buat nunggu respon. Walau pun kayaknya Zach tahu itu tulisan Hannah, Zach cuma diam.

8. Tape keempat sisi B, Ryan Shaver.
Ryan adalah seorang yang bertanggungjawab dalam majalah sekolah. Dan dia juga suka dengan puisi. Hannah bergabung dalam klub orang yang menyukai puisi dan bertemu dengan Ryan. Hannah mengungkapkan jika dia suka puisi Ryan, bagaimana lelaki itu menyampaikan tulisan puisi yang sangat menyentuh. Ryan mulai ngajarin Hannah. Hannah mencoba menulis puisi dan membacakan puisinya di klub mereka. Ryan pun bahkan menawarkan untuk mempublish puisi Hannah tapi Hannah menolak karena puisinya berisi curhatan dirinya dan memang bahasanya sedikit vulgar. Ryan pun bahkan tetap mempublish puisi Hannah di majalah. Walau pun tanpa nama, satu sekolah menyadari jika itu adalah puisi buatan Hannah dan Hannah kembali diolok-olok.

9. Tape kelima sisi A, Sherry Holland.
Sherry adalah cewek yang bergabung dalam cheerleader, sama kayak Jessica. Sherry ini adalah cewek baik-baik. Dia yang menyarankan Hannah mengisi formulir dollar Valentine dan menyuruh Hannah mengiyakan ajakan kencan Marcus. Dia cewek baik-baik sampai Sherry dan Hannah pulang bareng dari sebuah pesta sekolah. Waktu itu Hannah terlihat pucat, jadi Sherry nawarin tumpangan. Waktu di jalan, Hannah bilang hapenya habis batere dan Sherry nyari charger hape. Tiba-tiba mobilnya menabrak rambu stop dan rambu itu jatuh. Di sini aku kira rambu stop itu bukan apa-apa. Eh, ternyata efeknya bakal dahsyat. Saat itu, Hannah menyarankan untuk melapor polisi. Tapi Sherry ketakutkan jika ayahnya akan marah besar. Jadi dia meninggalkan Hannah di sana. Karena hape Hannah habis batere, Hannah langsung berlari ke toko terdekat untuk menumpang telepon. Saat menelepon 911, dia diberitahu jika polisi sedang dalam perjalanan ke sana karena sudah ada yang menelepon. Ternyata ada dua korban kecelakaan akibat ulah Sherry; seorang kakek dan Jeff Atkins, teman sekolah mereka.

10. Tape kelima sisi B, Clay Jensen.
Hannah bilang Clay bukanlah alasan untuk bunuh diri. Tapi jika ingin tahu ceritanya, Clay dimasukkan ke tape. Clay digambarkan Hannah sebagai cowok baik-baik, pendiam, humoris dan selalu ada di sisi Hannah. Bahkan Clay dapat nama panggilan dari Hannah yaitu Helmet karena Clay selalu bersepeda dan menggunakan helm saat pergi bekerja. Mereka makin dekat saat bekerja di Cresmont. Clay menyukai Hannah. Di tape ini, Hannah memberitahukan pendengar termasuk Clay jika dia juga menyukai Clay tapi masih takut-takut mungkin karena rumornya. Saat di sebuah pesta di rumah Jessica, Clay dipaksa Jeff untuk mendekati Hannah. Mereka mengobrol hingga akhirnya mereka menuju kamar Jessica. Kemudian mereka mulai berciuman dan hampir melakukan hubungan intim ketika Hannah mendorong Clay karena pikirannya tertuju pada Justin di taman saat itu. Hannah menangis dan mengusir Clay. Namun dalam hati dia menginginkan Clay. Clay yang merasa bersalah dan enggak tahu mau ngapain, memilih untuk meninggalkam Hannah. Padahal Hannah berharap Clay tetap di samping Hannah.

11. Tape keenam sisi A, Justin Foley (again).
Di tape ini, Hannah menceritak kesalahan yang dilakukan Justin. Setelah Clay meninggalkan Hannah, Hannah masih berdiam dan menangis. Hingga terdengar langkah kaki dan suara mendekat ke kamar, Hannah memilih untuk bersembunyi di pojokan (kalau enggak salah). Ternyata itu adalah Jessica dan Justin. Mereka berciuman dan hampir melakukan hubungan intim ketika Jessica yang mabuk berat malah tertidur. Justin memilih untuk membiarkan Jessica tidur dan pergi. Saat Hannah entah mau melihat keadaan Jessica atau pergi, dia mendengar ada suara lain. Ternyata itu adalah Bryce Walker yang berbicara dengan Justin. Bryce bertanya ada siapa di dalam dan Justin menjawab. Bryce bilang jika dia ingin melakukan hubungan intim dengan Jessuca. Justin menolak dan menghalangi Bryce karena Jessica adalah pacar Justin dan Justin sayang dengan Jessica. Namun karena Bryce memiliki pengaruh besar pada Justin yakni selalu ada untuk Justin di saat Justin sedang bermasalah dengan keluarganya. Justin bahkan didorong oleh Bryce. Justin memilih membiarkan Bryce dan menangis karena bingung untuk bertindak apa. Bryce mulai melakukan hal yang tidak senonoh pada Jessica yang sadar sedikit. Hannah yang sudah bersembunyi di lemari, melihat semuanya. Dia membekap mulutnya dan menangis diam melihat mantan sahabatnya itu dilecehkan. Saat Bryce keluar, Hannah muntah dan menyelimuti Jessica dengan sayang. Di tape ini ditunjukkan jika Jessica mulai suka mabuk-mabukkan di masa sekarang dan sudah mulai dekat dengan Bryce. Juga mulai menjauhi Justin. Saat kejadian itu, dia mengira melakukannya dengan Justin. Akhirnya karena teman-temannya, Justin memberitahu Jessica. Jessica awalnya tak percaya dan marah-marah dengan Justin. Bryce sendiri hanya diam dan seperti tak percaya.

12. Tape keenam sisi B, Bryce Walker.
Kita sudah ditunjukkan bagaimana karakter Bryce. Bryce yang memperkosa Jessica. Jessica mulai menjauh dari Justin karena merasa Justin tidak memberitahunya. Padahal Justin punya alasan sendiri yaitu bermaksud melindungi Jessica. Balik lagi ke masa sebelumnya, Hannah diam-diam pergi keluar di malam hari. Dia keliling-keliking enggak jelas dan berakhir menuju kompleks elit di mana terletaknya rumah Bryce. Terdengar jika ada pesta di rumah Bryce. Hannah mampir dan melihat jika mereka sedang berpesta. Mereka di sini adalah 'rombongan' itu. Ada juga Jessica. Kalau enggak salah, Jessica, Justin dan siapa lagi sedang berendam di hot tub. Mereka ngajak Hannah join. Hannah pun melepaskan pakaiannya dan join. Hannah melamun dan mulai menyadari jika dia tinggal sendiri di sana. Lalu Bryce ikut masuk dan mulai ngobrol dengan Hannah. Hannah yang mulai enggak nyaman pun memilih untuk ke luar dari hot tub. Tapi Bryce menahan. Dan berakhir dengan Hannah yang diperkosa Bryce. Hannah pulang dengan keadaan berantakan. Dan di situ dia mulai merekam segalanya (kalau enggak salah). Pokoknya dia mulai menyusun rencana bunuh diri.

13. Tape ketujuh sisi A, Mr. Porter.
Dia ini adalah guru konseling di sekolah. Mengetahui jika Hannah mau "curhat", Mr. Porter menerimanya. Hannah bercerita jika ada seseorang yang melakukan hal yang tidak senonoh pada seseorang. Hannah tidak menyebutkan nama, hanya cerita saja. Hannah sebenarnya menghadap Mr. Porter untuk mencari alasan untuk hidup. Tapi mendengar jawaban yang tidak memuaskan yang tidak masuk akal bagi Hannah, Hannah pun pada akhirnya memilih untuk keluar dari ruangan. Saat mereka berbicara, Hannah sudah menghidupkan recorder di tasnya. Lalu ditunjukkan jika Hannah mengirimkan sebuah paket berisi tape recordernya. Kemudian dia mengakhiri hidupnya di bathup dengan menggoreskan silet dari toko obat keluarganya di pergelangan tangan.

Tokoh lain yang terlibat juga adalah
1. Tony Padila

2. Jeff Atkins

3. Montgomery De La Cruz


Masih ada season 2 yang tayang pada 2018! Apa yang bakal ditayangkan?
Ini menurutku ya. Kemungkinan besar cerita akan bertajuk pada Jessica (ini udah bocor banget beritanya). Tentang Jessica yang juga menjadi korban pemerkosaan. Dan mungkin tentang hubungan Jessica dan Justin. Tapi di akhir episode 13, ditunjukkan jika Justin memilih pergi dengan membawa tas. Lalu ada juga wawancara pada tiap nama-nama yang ada di tape recorder. Saat Alex mengambil pistol milik ayahnya. Saat ditemukan mayat. Dan bagaimana dengan Bryce? Apa dia akan mendekam di penjara? Bagaimana dengab kedua orang tua Hannah? Bagaimana dengan Clay dan ibunya? Apakah ibunya yang notabene adalah pengacara akan membatalkan proyeknya yang membantu pihak sekolah?

Komentar

  1. watchfreeto - Profound, moving, disturbing and massively important. Brilliant and devastating in equal measures. Caution, this is most definitely tough to watch, but do it. A fantastically well written and acted series. "13 Reasons Why" is a difficult, but an important...no...a necessary watch. A refreshing and unflinching look at taboo subjects that are rarely touched upon in mainstream media. Well done to all involved for handling the subjects so well.
    See more:
    movies online for free full movies
    insidious 3 full movie online free
    the end of the f *** ing world 123movies
    all the money in the world putlockers

    BalasHapus
  2. Haiii Bagi Yang Ingin Bermain Judi Online Terpercaya Se Asia Ayoo Segera Bergabung Bersama Kami Di WWW.TexasPokerQQ.NET Dan Kami Mempunyai Promo-Promo Besar Lho untuk Member Baru Bonus Deposit 20% Dan Untuk Next Deposit 5% Serta Turn Over nya 0.5% Dan Dan Refferal 20% Untuk Seumur Hidup Lho Dan Untuk Minimal Deposit Hanya Rp 10.000 Saja, Ayoo Kapan Lg Guyss Segera Daftarkan Diri Anda Di TexasPokerQQ.

    Promo-Promo Yang Kami Sediakan.
    * BONUS NEW MEMBER 20%
    * BONUS DEPOSIT SEBESAR 5%
    * BONUS TURN OVER 0.5%
    * BONUS REFERRAL 10%+10%=20%
    Game Yang Tersedia Adalah Sebagai Berikut.
    * POKER
    * CEME KELILING / BANDAR Q KELILING
    * CEME / BANDAR Q
    * CAPSA SUSUN / BIG TWO / 13 KARTU
    * DOMINO QQa
    * SUPER TEN / THREE PICTURES / SAMGONG
    * POKER OMAHA
    Dan di suport oleh 6 bank terbaik di Indonesia yaitu.
    1. BCA
    2. BNI
    3. BRI
    4. MANDIRI
    5. DANAMON
    6. CIMB NIAGA
    Kelebihan bermain di Texaspokerqq dengan agen-agen lain adalah.
    1. Deposit dan Withdraw Minimal 30.000 saja dan prosesnya sangat cepat.
    2. Fairplay 100% Murni player vs player.
    3. Pelayanan terbaik buat customer.
    4. Bisa di proses melalui 6 bank terbaik di indonesia.
    5. Bisa di proses 24 jam nonstop
    6. TexaspokerQQ Judi Online yang telah Mempunyai Sistem

    Untuk info lebih lanjut, silahkan hubungi kami di.
    Website : www.Texaspokerqq.net
    PIN BBM : 335A3785
    WHATSAPP : +855 968672055
    SKYPE : Texas PokerQQ
    TWITTER : @TexasPokerQQ
    LINE : +855 968672055
    FaceBook : @Chenxiao Mei

    BalasHapus
  3. Generasi milenial yak? Wkwk btw alatnya tapenya itu Walkman, anak 90an inshallah tau. But the movie was great. My mind blown! Alurnya ga ketebak, dan plot twist

    BalasHapus
  4. Thankyou for review! Gue menyimak secara detail dan emg kasusnya gak bisa disangka2 hahaha Thankyouuuuu

    BalasHapus
  5. Si Hannah nya kek cewe murahan gan mau aja digilir wkwk

    BalasHapus
  6. aku mau nonton nih! tapi takut kalo ada horor2nya, kira kira ada gak??

    BalasHapus
  7. SELAMAT DATANG DI SITUS PALING TERPERCAYA SE INDONESIA BOSQUE ^^

    KARTUVIPQQ

    Situs judi online Domino QQ dan Poker Terpercaya se Indonesia yang Memberikan pelayanan maksimal dan terbaik

    Mari daftarkan diri anda sekarang juga di situs judi online terbaik dan terpercaya : https://bit.ly/2Jhy2iu

    KARTUVIPQQ menyediakan 8 games yang dapat dimainkan dalam 1 AKUN

    *ADU Q
    *POKER
    *DOMINO
    *CAPSA SUSUN
    *BANDAR Q
    *BANDAR POKER
    *BANDAR SAKONG
    *BANDAR 66

    Promo yang disediakan KARTUVIPQQ

    *Bonus Turn Over 0.5%
    *Bonus Referral 10% + 10%
    *Bonus Jackpot Terbesar


    Minimal Deposit : Rp 15.000
    Minimal WithdrAw : 20.000


    Kami menyediakan 5 bank untuk mempermudah transaksi anda.
    BCA - BRI - BNI - DANAMON - MANDIRI


    Kelebihan - kelebihan yang disediakan jika anda bergabung bersama kami di KARTUVIPQQ : https://bit.ly/2Jhy2iu

    *Layanan untuk LiveChat & Whatsapp Fast Respon 24 Jam
    *Proses untuk Deposit & Withdraw hanya membutuhkan waktu 1-3 menit (Jika keadaan bank normal)
    *Fairplay 100% Murni player vs player / NO ROBOT
    *Bisa di proses 24 jam nonstop

    Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di.
    Link : https://bit.ly/2Jhy2iu
    Whatsapp : +85510791654

    BalasHapus
  8. Tape kelima sisi A (orang kesembilan) nya justin folley lagi. Kebalik itu min

    BalasHapus
  9. https://www.newdaypuppies.com/teacup-yorkie-puppies-for-sale/

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer