Karakter dan spoiler 13 Reasons Why (Bahasa Indonesia)



Jadi... aku bakal menuliskan mengenai karakter-karakter yang ada di 13 Reasons Why. Sebelumnya akan udah menuliskan review tanpa ada penjelasan antar tokoh yang mana itu menurutku kurang sreg aja hehe.

Baca juga : Review dan spoiler 13 Reasons Why (Bahasa Indonesia)

Oke mari kita mulai.

Jadi, di 13RW ini ada 2 narator. Yaitu Clay Jensen (the present) dan Hannah Baker (the past).

1. Hannah Baker
(Hannah Baker with long hair)
(Hannah Baker with short hair)
Awal aku nonton, aku bisa lihat jika Hannah adalah tipe cewek outgoing, soon to be a popular girl, dan semacamnya. Karena saat jadi anak baru, dia udah sahabatan dengan Kat (yang aku rasa adalah semacam cewek populer karena pernah pacaran dengan Justin Fooley), terus dia juga diajak ngobrol dengan Bryce Walker di pesta perpisahan Kat, dan juga dikejar-kejar Justin Fooley. Juga bagaimana dia bersosialisasi pun kayak anak yang asik aja. Bagaimana dia membawa obrolan terdengar asik.

Ternyata enggak. Walau dari luar dia kayaknya terlihat kuat, tapi dia lemah. Dia bukan kayak Emma Stone di Easy A. Atau bukan kayak Veronica Lodge maupun Betty Cooper di Riverdale. Dia memendam semuanya sendiri apalagi sejak kehilangan sahabatnya yaitu Kat (karena pindah) dan Jessica Davis.

Hannah adalah orang yang gampang depresif. Benar. Dia terlalu depresi dengan semuanya. Dan aku juga bisa melihat jika dia agak hopeless romantic, dari bagaimana dia menghadapi Justin, memberikan kesempatan pada Marcus, menuliskan curhatan dalam tugas yang tak sengaja untuk Zach, dan menginginkan Clay namun malah mengusirnya.

Jujur, aku kurang suka dengan sifat dan karakter Hannah Baker ini. Kenapa dia enggak agak tegas sedikit? Kenapa malah kayak let it flow aja? Aku kesal sendiri kalau udah nonton ulang.

2. Clay Jensen.
(Clay Jensen)
(Clay and Hannah used to work together at Cresmont)
Clay dan Hannah pernah kerja bareng di Cresmont. Bahkan Clay sapat nama panggilan dari Hannah, yaitu Helmet. Clay kelihatan banget suka sama Hannah. Bisa dilihat dari cara dia melihat Hannah dan berbicara dengan Hannah. Clay adalah sosok yang kikuk, pendiam tapi humoris (ini bisa dilihat dar percakapannya dengan Hannah dan Jeff Atkins), baperan, terlalu banyak mikir, ceroboh, agak moody dan pesimis. Saat dia mendengarkan tape Hannah, dia bukan hanya mendengarkan. Dia mencerna dengan mendatangi tempat yang ditunjukan Hannah di peta yang ada di tempat tape. Bahkan dia seperti merasa berada di saat Hannah berada di tempat itu. Tiap dia mendengarkan tape, dia selalu mendatangi orang yang ada di tiap sisi tape.

Kalau aja Clay bisa lebih sedikit berani dengan mengatakan perasaannya pada Hannah, mungkin Hannah akan membatalkan bunuh dirinya. Clay pun lebih berani bertindak karena paksaan Jeff Atkins, cowok yang ditutor olehnya dan sangat dekat dengan memberikan tips mendekati cewek dan bersosialisasi.
Aku kurang suka bagaimana Clay menghadapi orang tuanya terutama ibunya. Di sana bisa kita lihat jika walau pun Clay terlihat anak baik-baik karena pendiam dan pintar, tapi dia bukan anak penurut. Dia selalu mengabaikan perkataan ibunya. Aku suka sedih melihat ibunya yang seperti kewalahan menghadapi putranya apalagi semenjak ibunya mengatakan pada Clay jika dia memegang kasus pembunuhan Hannah dengan berada di sisi pihak sekolah.

Pemain Clay Jensen ini adalah Dylan Minette yang saat kecil pernah main di Grey's Anatomy. Entah lupa di season berapa. Yang jelas saat itu dia sakit telinga gitu. Awalnya aku enggak nyadar itu dia. Terus ada picture muncul di explore Instagram tentang dia masa kecil. Hehe.
(The small Clay Jensen at Grey's Anatomy)


3. Justin Fooley.
(Justin Foley)
Cowok ini yang menjadi incaran pertama Hannah. Karena Justin menjadi mantan Kat, Hannah bingung. Kat memberi izin untuk mendekati Justin.

Aku masih bingung sampai sekarang. Apakah Justin ini tulus saat mendekati Hannah? Dia sampai rela mengejar Hannah hingga naik bus walau pun akhirnya dikerjain Hannah. Kenapa dia enggak belain Hannah saat Bryce mau menyebarkan foto Hannah? Memang ada sih raut bersalahnya saat foto itu tersebar. Tapi... apa dia memang sangat merasa bersalah? Apa dia sudah minta maaf?

(Justin showed the photo of Hannah to his friends)
Justin berada dalam lingkaran pertemanan yang membuatnya menjadi cowok bastard. Itu mungkin efek besarnya didapat dari Bryce. Justin punya masalah keluarga yang ribet. Di season 1, diperlihatkan jika ibunya lebih memilih sang pacar ketimbang anaknya sendiri. Pacar ibunya bahkan memaki dan memukuli (iya gak?) Justin. Justin bahkan menangis saat itu. Dia sering menumpang tinggal di rumah Bryce. Keluarga Bryce pun sering membantu Justin. Jadi, Justin merasa punya banyak hutang dengan Bryce. Dan makanya dia merasa takut dengan Bryce. Itu terlihat saat Bryce mau melakukan hubungan intim dengan Jessica. Justin bingung apakah harus menahan Bryce tapi enggak enak karena Bryce sudah banyak membantu hidupnya atau memilih Jessica karena Jessica adalah pacarnya dan Justin menyayangi Jessica.

Aku bisa melihat kalau Justin sangat menyayangi Jessica. Sangat. Dia bahkan rela menyembunyikan fakta bahwa Bryce yang memperkosa Jessica. Dia bahkan rela menemui Jessica dan memohon di depan cewek itu. Dia bahkan cemburu saat Jessica dekat dengan Bryce.

(Justin was begging to Jessica)
Oke. Justin sayang dengan Jessica. Tapi... apakah Justin menyayangi Hannah? Mungkin sangat menyukai Hannah? Hannah bahkan lebih baik dari Jessica. Apa mungkin tipe cewek Justin itu semacam Jessica ya?

4. Alex Standall
(Alex Standall)
Cowok rambut pirang ini menurut aku kelihatannya lemah. Ini juga dilihat dari sang ayah yang notabene adalah polisi setempat. Ayahnya menginginkan Alex menjadi lebih manly. Makanya saat Alex membuat masalah, ayahnya bangga. Sounds weird? Yap. Poor you Alex.

Aku kaget mengetahui Alex dan Jessica pacaran. Kenapa mereka pacaran? Dan aku juga kaget serta bingung saat Alex yang membuat list the best and the worst itu. Dia menaruh nama Jessica sebagai the worst ass karena Jessica tidak mau berhubungan intim dengannya.
(Alex and Jessica were dating)
Dari yang aku lihat (apalagi di episode-episode terakhir), Alex ini juga termasuk ke orang yang terpengaruh oleh kematian Hannah. Dia bahkan pernah curhat dengan Clay. Tapi aku herannya kenapa dia memilih masuk ke rombongannya Bryce.
Iya aku tahu dia gabung rombongan Bryce agar ayahnya bangga karena dia punya teman cowok dan sedang dalam urusan bersama Justin, Marcus, dan Zach agar Bryce tidak mendapatkan tape Hannah karena Justin takut Bryce mendengarkan tape itu.

Alex ini terlihat masih suka dengan Jessica bahkan saat Jessica sudah bersama Justin. Pokoknya menurut aku, Alex ini kurang manly. Dia ini sebenarnya orang baik. Hanya karena kesal dengan Jessica, dan membuat list, dia menjadi alasan kedua kenapa Hannah bunuh diri.
(Alex's list)

5. Jessica Davis.
(Jessica Davis)
Awalnya Hannah dan Jessica dipertemukan oleh guru konseling mereka. Guru itu mengharapkan mereka berdua berteman bahkan bersahabat. Saat itu keduanya seperti saling tak suka bahkan saling berbicara sarkastik. Tapi mereka berakhir bersahabat karena Monet Cafe. Lalu dengan kedatangan Alex, mereka bertuga bersahabat. Saling curhatan dengan kode "FML" atau Fck My Life.
(Hannah and Jessica first met)
(The three of them; FML)
Alex adalah orang pertama yang enggak ke cafe lagi karena sudah berteman dengan rombongan Bryce. Lalu Jessica menjadi orang kedua yang enggak ke cafe lagi. Hannah baru tahu ketika mereka pacaran. Hannah melihat mereka di kantin. Lalu saat Hannah menjadi kasir Cresmont, Alex dan Jessica hendak menonton dan kaget menemukan Hannah bekerja di hari Rabu.

Dengan list yang Alex buat, Jessica mendatangi Hannah dan marah-marah. Bahkan menampar Hannah. Hannah pun terluka sedikit di dahinya. Jessica mengira Hannah menjadi orang ketiga karena Hannah masuk ke dalam the best ass.

Aku agak heran dengan Jessica. Dia enggak mau berhubungan intim dengan Alex tapi mau berhubungan intim dengan Justin saat mereka pacaran. Aneh.
(Jessica and Justin)

6. Tyler Down.
Cowok fotografer ini ternyata suka banget sama Hannah dan menjadi penguntit rahasia Hannah. Aku kurang memerhatikan Tyler sih. Jadi, ya... gitu deh. Oh, ya. Saat Tyler diganggu Montgomery, Alex membelanya. Itu bukan karena Alex memang mau membela Tyler. Dia cuma mau cari gara-gara aja.

Karena menyebarkan foto Hannah dan Courtney, dan dia masuk ke tape, banyak yang memecahkan jendela kamarnya. Itu terlihat saat Clay mengunjungi rumah Tyler yang ditemani Marcus. Alex adalah orang yang melemlar batu ke jendela Tyler. Bukannya melempar batu ke jendela, Clay memilih untuk mengambil foto Tyle naked dari belakang dan menyebarkannya melalui message ke seluruh siswa di sekolahnya.

7. Courtney Crimsen.
(Courtney Crimson)
Awalnya aku suka aja sama dia. Cewek Asia kan biasanya baik-baik, ya. Eh, tahunya kayak btch gitu. Awalnya Courtney dan Hannah berteman. Hannah bahkan curhat dengan Courtney soal penguntit rahasia. Courtney memberikan ide bagus menurutnya dan mereka menjalankan rencana itu di rumah Hannah.
(Hannah and Courtney had a plan)
Diketahui jika Courtney tiba-tiba mencium Hannah. Saat Tyler memotret mereka, keduanya kaget. Setelah itu, Courtney menjauhi Hannah karena takut foto itu tersebar. Saat foto tersebar dan saat Montgomery menyadari jika di dalam foto itu adalah Hannah dan Courtney, Courtney malah berbohong. Mengatakan jika benar Hannah ada di foto itu namun bersama cewek lain yang lesbian. Dengan kata lain, mengatakan jika Hannah adalah lesbian.

Saat ditanyai Clay, Courtney jujur mengatakan jika dia adalah lesbian. Namun dia malu jika orang tahu status seksualnya karena aneh aja kedengarannya. Dia takut akan disangkutpautkan dengan kedua orang tuanya yang homoseksual. Iya. Jadi, dia punya 2 ayah dan tanpa ibu.

8. Marcus Cooley.
(Marcus Cooley)
Cowok ini kayak anggota MPK gitu. Atau emang anggota Student Council? Begitu juga dengan Clay dan Courtney. Ini terlihat saat kasus Montgomery dan Alex.

Ternyata cowok ini sama aja kayak yang lain. Aku enggak tahu kenapa dia gabung dengan rombongan Bryce dan Justin. Ini bisa dilihat saat dia mengajak kencan Hannah di Rosie's Dinner. Dan dia mulai melecehkan Hannah.

(Marcus trapped Hannah)
Kenapa dia sampai mau melecehkan Hannah? Aku tahu kalau Marcus hanya membuktikan omongan orang tentang Hannah yang merupakan cewek murahan dan gampangan. Tapi dia adalah calon SC dan malah berbuat seperti itu?

Marcus ada di dekat rumah Tyler saat Clay mengunjungi rumah Tyler. Dengan berdalih jika Marcus tinggal di dekat rumah Tyler dan melihat Clay, Clay percaya. Ternyata dia sedang memantau Clay untuk memastikan apakah Clay masih mendengar tape atau tidak.

9. Zachary Dempsey.
(Zach Dempsey)
Zach adalah cowok Asia yang menurut aku sweet gitu deh. Pokoknya kalau nonton tv serial barat dan ada cowok Asia-nya aku langsung histeris. Soalnya cowok Asia di tv serial barat tuh digambarkan dengan tubuh kekar dan ganteng dan cute dalam waktu bersamaan. Bukan cute kayak artis Korea, ya. Itu mah cute menggelikan (don't judge me!).

Lihat aja Glenn di The Walking Dead (so sad karena dia mati huhuhu), Cho di The Mentalist (so sad karena dia kehilangan cewek di season akhir), Monty di The 100 (so sad karena dia kehilangan sahabatnya, Jasper yang lebih memilih mati karena OD), pemain di Lost (lupa cuy namanya siapa. Yang jelas ganteng ala om Korea lah) dan Reggie di Riverdale season 1 (HAHAHA ini mah yang main yang jadi Zach ini).
(When Zach went back to the Rosie's dinner and talked to Hannah)
(When Zach told his feeling)
Zach ini sweet banget menurut aku. Dia yang balik ke Rosie's Dinner. Minta maaf atas perilaku Marcus dan menghibur Hannah dengan sulap ala dia yang gagal tapi lucu aja menurut aku. Zach ini ternyata suka sama Hannah. Dia mengakui perasaannya dan malah ditolak mentah-mentah sama Hannah. Hannah bahkan mengusir dia dengan teriak. Zach membalas berbicara tentang Hannah yang pokoknya enggak mengenakkan. Dia balas dendam dengan mengambil kertas pujiam di kantung Hannah.

Hannah sampai menuliskan surat ke Zach. Tapi Zach membuang suratnya. Tapi... lebih anehnya dia nunjukin surat Hannah yang dia simpan di dompetnya ke Clay. Loh? Gimana sih?
(Zach did show Hannah's letter to Clay)
Zach ini orangnya kurang tegas. Coba aja dia bela Hannah secara enggak langsung saat gurunya membacakan tulisan Hannah. Mungkin dia banyak pertimbangan kali, ya.

By the way, pemain Zach Dempsey adalah Ross Butler. Dia main jadi Reggie di Riverdale season 1. Tapi dia enggak bakal main di season 2 karena jadwal shooting yang tabrakan dengan 13RW Season 2. Yaps. Dia lebih memilih Zach daripada Reggie. Dia juga main di Teen Wolf Season 6 menjadi Nathan. Ross Butler ini ibunya orang Singapura. Masa kecilnya dihabiskan di Singapura sebelum pindah ke Amerika. Hehe.

10. Ryan Shaver.
(Ryan shaver)
Dia ini adalah penanggungjawab majalah sekolah. Dia yang menyebarkan puisi buatan Hannah ke majalah sekolah tanpa persetujuan Hannah.

Sama kayak Tyler Down, aku kurang memperhatikan dia. Yang jelas, dia mendapat ganjaran dengan dipanggil kepsek karena ulahnya itu. Ryan adalah mantan Tony.

11. Sherry Holland.
(Sheri Holland)
Awalnya sih aku suka sama dia. Dia baik banget sama Clay dan juga Hannah. Waktu dia make out sama Clay dan tahu kalau Clay belum dengerin tape-nya dan juga bilang kalau Clay bakal membencinya saat mendengar tape-nya, aku benci sama Sheri.
(When Sheri got afraid and didn't want to call the cops)
Dia adalah pembunuh Jeff Atkins secara enggak langsung. Aku sebenarnya agak heran dengan rambu stop. Di daerah aku sih rambu-rambu enggak diperhatikam banget. Apalagi rambu stop. Kecuali kalau ada rambu lampu lalu lintas, nah itu baru.

Tapi ternyata di luar negeri, itu ngefek banget.

Sheri memilih menjadi pengecut dan meninggalkan Hannah. Clay adalah orang yang menemukan Jeff meninggal di tempat.

Sheri menunjukkan pada Clay jika dia bersikap baik pada keluarga kakek yang menjadi korban tabrakan Jeff saat itu. Tapi apa dia bisa bersikap baik pada keluarga Jeff? Apa dia bisa mengembalikan Jeff?

Tapi dia akhir-akhir season 1, kayaknya Sheri ini menghubungi lihak berwajib atau seseorang untuk mengadukan apa yang sudah dia lakukan di malam itu.

12. Bryce Walker.
(Bryce Walker)
The evil. Hahaha. Tapi emang sih. Dia adalah orang yang memperkosa Jessica dan Hannah. Sebelumnya, dia yang melecehkan Hannah karena list Alex. Tapi dia punya sisi baik juga yaitu selalu menolong Justin di saat Justin kesusahan. Tapi kebaikannya itu enggak bisa menutupi keburukannya. Semoga di season 2, dia mendapat ganjaran yang sepantasnya.

13. Tony Padilla.
(Tony Padilla)
Aku awalnya heran. Ini cowok kenapa ngintulin Clay mulu sih. Kenapa dia ada di mana Clay pergi? Eh ternyata terjawab.

Tony adalah orang pertama yang tahu tape Hannah. Bahkan dia yang meminjamkan  alat recorder pada Hannah. Dia yang mengawasi Clay saat Clay dapat jatah mendengarkan tape. Aku menebak jika dia juga mengawasi orang-orang sebelum Clay. Namun karena kayaknya Tony tahu kalau Clay adalah orang yang ceroboh dan gegabah apalagi saat mendengar tape bagiannya, Tony mengawasi Clay.
(Tony and his boyfriend)
Yap. Tony punya pacar dan aku lupa namanya. Pokoknya pacarnya ini kelihatan cemburu dengan hadirnya Clay dan melihat Tony yang sangat perhatian dengan Clay. Tony ini homoseksual ya. Dia pernah berhubungan dengan Ryan Shaver.

Dia adalah orang yang selalu hadir untuk keluarga Baker semenjak Hannah meninggal. Dia bahkan yang memberikan copy dari rekaman Hannah ke orang tua Hannah.

14. Jeff Atkins.
(Jeff Atkins)
Aku fans die hard sama Jeff Atkins. Karakternya itu lohhl. Juga mukanya ganteng haha. Aku bahkan sampai cari fanfiction Jeff Atkins. Yaampyuun.

Aku enggak nyadar kalau Jeff ini berada di masa the past, sama kayak Hannah. Saat adekku kasih tahu kalau the past itu entar layarnya bakal warna kuning cerah kayak warm gitu (kalau di Instagram sih katanya soalnya Hannah was like the sun, always gave a warm feeling for Clay) dan the present layarnya bakal lebih ke biru-biruan, aku baru sadar. Kalau Jeff dan Hannah berada di masa yang sama.

Apalagi saat kepsek dan guru mengatakan jika dalam setahun ada 2 anak yang meninggal. Oke. Hannah dan siapa? Ternyata Jeff. Aku belum tahu Jeff meninggal kenapa. Soalnya dia orangnya normal-normal aja.

Clay menutor Jeff di perpus. Kalau enggak salah di beberapa mata pelajaran. Itu memperlihatkan jika Clay cukup pintar hingga bisa dipercaya dapat memberi tutor ke siswa lain. Tapi Jeff juga menutor Clay mengenai cara bersosialasi dan tentang cewek. Jeff termasuk orang yang selalu mendukung Clay mengejar Hannah. Bahkan dia sampai mendatangi Clay di tribum saat prom party untuk menyuruh Clay mengajak Hannah berdansa. Bahkan dia sampai mengancam Clay agar datang ke pesta Jessica karena Hannah akan hadir juga. Bahkan dia yang mengisi formulir Dollar Valentine untuk Clay agar Clay mendapatkan hasil yang memuat nama Hannah. Tapi sayangnya enggak ditunjukin hasil Dollar Valentine-nya si Clay.
(Jeff told Clay to ask Hannah for a dance)
(Clay taught Jeff)
(Jeff asked Clay to talk to Hannah)
Sayangnya Jeff mati karena ulah Sheri pada rambu stop. Dia menabrak seorang kakek. Jeff meninggal di tempat. Clay adalah orang pertama yang menemukan Jeff. Jeff penuh darah dan di dalam mobilnya ada banyak kaleng bir. Padahal Jeff bilang ke Clay kalau dia enggak mabuk dan bakal cuma minum soda aja. Aku rasa sih itu ulahnya Bryce. Soalnya Bryce kan bilang kalau bir habis terus kayaknya pinjam mobilnya Jeff. Makanya Bryce sampai enggak ingat dan kaget pas tahu dia yang memperkosa Jessica.

Poor you my love Jeff.

15. Montgomery De La Cruz.
(Montgomery De La Cruz)
Ini cowok sebenarnya kalau dilihat-lihat cute gitu. Tapi sayangnya sikap dia tuh semacam bastard dan karena dia dalam lingkaran pertemanan Bryce. Dia ini bukan tokoh utama kayak yang ada di atas. Dia cuma pelengkap. Ibaratnya kayak Reggie di Riverdale.

16. Mr. Porter.
(Mr Porter)
Haduh. Ini guru konseling yang aneh menurut aku. Dia selalu menyuruh anak-anak untuk ke ruangannya karena dia mau menanyakan hal mengenai Hannah semenjak kematian Hannah.

Bapak ini menjadi alasan terakhir Hannah bunuh diri. Padahal dia sebelumnya enggak mau bunuh diri. Semuanya tergantung jawaban bapak satu ini. Bapak ini malah ngasih jawaban yang enggak diharapakan Hannah. Menyuruh melupakan kejadian semacam Bryce yang memperkosa dia dan Jessica. Seriously?
(Hannah met Mr Porter to ask the advice)
(Clay met Mr Porter and told him the truth that happened)
Akhirnya Clay mendatangi bapak ini dan memberitahu semuanya. Bapak ini langsung merasa bersalah. Apalagi saat Clay ngasih semua tape ke bapak itu.

17. The Baker.
(Hannah's parent)
Kedua orang tua Hannah ini deserve better. Keluarga ini baru pindah untuk memulai hidup baru dan langsung mendapati anaknya yang bunuh diri. Anak satu-satunya. Bakalan sedih berkepanjangan. Apalagi ditambah usaha drug store mereka yang sedang diujung tanduk karena adanya pesaing lain yang menjadi alasan mereka pindah ke kota itu.

Semenjak kematian Hannah, semua orang memang respek sama mereka. Tapi juga menjauhi mereka. Dilihat dari drug store mereka yang cukup sepi oleh pengunjung. Padahal sebelumnya sih biasa aja. Itu juga dipengaruhi adanya toko baru yang menawarkan harga lebih murah.

Apalagi sang ibu. Mrs Baker amat sangat terpukul. Dia bahkan mengacak-acak kamar anaknya untuk mencaritahu ada apa sebenarnya. Sangat kaget ketika melihat loker anaknya yang hanya berisi buku pelajaran saja. Aku sih sebenarnya heran. Kenapa loker Hannah polos gitu aja. Apa dia enggak punya waktu buat menghias lokernya? Di film remaja atau tv serial remaja lainnya, remaja cewek pasti punya loker yang lucu dengan tempelan.

Kayak Alison di Teen Wolf. Dia juga anak baru dan punya loker yang sesuai dengan remaja lainnya.

Mrs Baker bahkan sampai memakai kutek biru yang digunakan Hannah. Dia yang menemukan nama-nama coretan yang Hannah buat yang mengacu pada orang-orang dalam tape. Ibu ini juga yang membuat kamar mandi sekolah dicat ulang.

Sayangnya dalam novel dan serial tv ini ada kekurangannya. Yakni kenapa Hannah enggak bikin surat atau rekaman suaranya untuk kedua orang tuanya. Dia memikirkan hal-hal lain. Bahkan sebelum bunuh diri, dia enggak melirik orang tuanya dengan sangat dalam dan memilih untuk mengambil silet di drug store mereka. Kenapa Hannah enggak menatap keluarganya seperti saat Hermione Granger Harry Potter menghapus ingatan kedua orang tuanya? Apakah dia enggak memikirkan orang tuanya bisa menjadi alasannya untuk bertahan? Apakah dia memikirkan jika ibunya akan sangat sedih ketika anak tunggalnya memilih bunuh diri? Do you ever think about it, Hannah Baker?

18. The Jensen.
(Clay's father)
(Clay's mother)
Orang tua Clay. Seperti di poin nomor 2 yakni Clay Jensen, aku udah menjelaskan mengenai sikap Clay pada orang tuanya apalagi sang ibu. Aku rasa Clay bersikap seperti itu bukan karena kurang kasih sayang. Mereka bahkan punya waktu keluarga. Mereka bahkan sarapan bareng, makan malam bareng, dan Mrs Jensen sempat bikin bekal untuk Clay.

Aku rasa Clay bersikap seperti itu karena Clay cukup diperhatikan dengan berlebihan. Clay sendiri sepertinya susah untuk menceritakan apa yang terjadi karena ibunya adalah pengacara yang bisa saja bertindak apa pun dan berpikir kritis penuh logika.

Mirisnya adalah saat Justin mengharapkan kasih sayang orang tua, Hannah dan Clay malah menyepelekan hal satu itu.

19. Skye.
(Skye)
Cewek bergaya gothic ini kerja di Monet Cafe. Kalian bakal sering lihat dia kalau ada salah satu karakter di atas ngopi dulu di Monet. Skye ini adalah teman dekatnya Clay dulu. Mereka cukup dekat saat SMP kalau enggak salah. Lalu ada sesuatu entah apa itu hingga mereka menjauh. Dan Clay ingat jika tiba-tiba Skye berubah menjadi cewek gothic.

Clay ketemu Skye lagi saat di luar pertandingan basket Liberty di tape bagian Zach. Clay menggoreskan beda tajam di bodi mobil Zach dengan tulisan "Why me?". Skye berada di samping Clay saat itu karena habis mengikuti sebuah kursus.

Dia akhir season 1, kita dihadapkan jika Clay dan Skye kembali berteman. Mereka berpergian entah ke mana bersama Tony dan pacar Tony.


Itu semua karakter yang ada di 13RW. Banyak banget pesan moral yang bisa kita petik dari serial tv keluaran Netflix ini. Yakni:
- Jadilah seseorang yang terbuka, apalagi pada keluarga, termasuk ibu yang perasaannya sangat sentimen.
- Be aware pada siapa pun. Apalagi ketika kamu masih jadi anak baru. Jadi anak baru pasti mau punya teman. Tapi enggak ada salahnya tetap jaga jarak. Kita bakal enggak tahu apakah orang itu baik atau jahat. Apakah mereka tulus atau hanya bermain-main saja.
- Bersikap family oriented. Kita bisa melihat Hannah yang meninggalkan keluarganya dalam duka berkepanjangan dan Clay yang membangkang pada kedua orang tuanya. Kita bisa melihat Justin yang menginginkan kasih sayang sang ibu tapi malah mendapat hal yang pahit. Selama kita masih mempunyai orang tua, treat them better.
- Berhati-hati dalam berteman. Pergaulan bebas bisa di mana saja. Kalau salah memilih jalan, pastinya akan berbahaya. Sama seperti Jessica Davis. Bisa kita lihat saat dia berteman dengan Hannah, dia baik-baik saja. Saat dia masuk ke lingkungan Justin (I don't blame Justin at all), dia berubah jadi pemabuk (bahkan di sekolah!).
- Jangan ambil keputusan sendiri tanpa bertanya dan mendengar saran orang. Ini terjadi pada Hannah dan Jessica. Jessica yang langsung menyalahkan Hannah yang menjadi orang ketiga padahal enggak. Hannah yang memilih bunuh diri tanpa mengetahui jika dia masih bisa berbicara dengan orang tuanya bahkan Clay!
- Jangan mempermainkan perasaan orang. Ini sering terjadi. Berawal dari iseng atau taruhan. Ini terjadi efeknya pada Hannah akibat ulah Justin, Alex dan Marcus.
- Jangan berbohong demi menyelamatkan diri sendiri. Memang kadang berbohong demi diri sendiri itu sering dilakukan. Tapi saat itu menyangkutpaut orang lain, bagaimana? Ini terjadi pada Courtney yang membawa-bawa Hannah untuk menutup status seksualnya.
- Jika sudah mendapat rumor tak enak mengenai diri sendiri, ada baiknya menjauhi orang-orang dan lingkungan mereka yang mengedar rumor itu dan terlibat di dalamnya. Bukannya mau bersombong ria, tapi itu berguna untuk menjauhkan dari rumor lain dan bisa meredakan rumor itu. Ini terjadi pada Hannah yang selalu terlibat dalam lingkungan yang sama.
- Dan jangan membully orang. Bully bukan hanya mengejek, menghina, memaki, menjatuhkan, membuat rumor tak enak dan sebagainya. Bully ada dalam dua versi. Verbal dan fisik. Biasanya kebanyakan korban bully mengakhiri diri karena bully versi verbal. Banyak yang selalu memasukkan omongan orang ke dalam hati karena tiap orang berbeda-beda. Ada yang kenal. Ada yang sensitif.

Jadi... sekian.
Oh, ya. Aku mau kasih tau aja 13 Reasons Why masuk ke Most Popular Tv Series di imdb dengan skor 8,9 (terakhir aku lihat Mei 2017). Tapi sayangnya enggak pernah masuk ke nominasi besar kayak Teen Choice Awards (kayak Riverdale yang sama-sama keluaran Netflix juga).

My favorite character : Jeff Atkins & Zach Dempsey.
The worst character : Courtney, Sherry and Bryce.

Komentar

  1. Halo, aku cuma mau ngasih jawaban aja, jadi ada tape dimana hannah baker menghilangkan uang depositnya yg mau digunakan untuk kebutuhan orangtuanya. Karena dilanda bangkrut. Aku lumayan lupa. Abis itu ortunya pasrah, marah dan kecewa sama hannah. Di tape itu juga dicritain kalo dia merasa kalo dia ga pantes lah jadi anak atau ga pantes hidup.

    BalasHapus
  2. I guess you're quite young ya☺️ reviewnya bagus, menarik dan ngingetin aku sama karakter series ini juga, yaitu polos hihi just like ur questions about why jess won't sleep with alex while she was fine doing it with justin or does justin was really into hannah or just playing around(atau emang tipeny justin itu jessica, it was making me giggling for a sec) .. Dan bbrpa pertanyaan polos lainnya,You'll gonna get it once you're getting older. But still, two thumbs up for your reciew. Btw si monty itu ntar bakalan mainin a bigger part in s2, i hate him as much i hate bryce walker!

    BalasHapus

  3. fandango - no matter your looks, no matter how perfect or not perfect life seems for someone, but bad things can happen that can send a person downward spiraling. This is the best Netflix show I've seen so far. I was sucked in immediately from episode 1, and pretty much got through these 13 episodes in 2 or 3 nights. I will admit you need to watch this in as one of the characters quote "a good head space". The show is brutally honest about bullying and other tragedies that teens face. This is a must see! Very good writing, acting, and if you research they took care by having psychiatrists on set to truly depict the events and characterizations. Everyone should know this story, and especially if you have children.
    See more:
    watch batman bad blood online free
    fantastic beasts megashare9
    charlie plummer
    super troopers 2 putlocker

    BalasHapus
  4. apa ane satu satunya cowo yg suka nonton ini wkwk..
    ane merasa sifat ane kek clay.. pendiem tapi sebenernya ga diem banget dan banyak hal dikepala yg mau diomongin tapi malah disimpen doang.. cuman muka doang yg beda jauh ,dia ganteng kalo aku buluk wwkk

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer